Aktivitas Hepatoprotektor Ekstrak Etanol Spons Sinularia sp. Pada Mencit (Mus musculus) Yang Diinduksi Karbon Tetraklorida (CCl4)

Authors

  • La Ode Muhammad Fitrawan Fakultas Farmasi, Universitas Halu Oleo
  • Adryan Fristiohady Fakultas Farmasi, Universitas Halu Oleo
  • Fadhliyah Malik Fakultas Farmasi, Universitas Halu Oleo
  • Wahyuni Wahyuni Fakultas Farmasi, Universitas Halu Oleo
  • Loly Subhiaty Idrus Fakultas Farmasi, Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Aqsal Azriel Fajar Saranani Fakultas Farmasi, Universitas Halu Oleo
  • Baru Sadarun Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Halu Oleo
  • Laode Kardin Fakultas Kedokteran, Universitas Halu Oleo
  • Sahidin Fakultas Farmasi, Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/lansau.v2i1.27

Keywords:

spons, sinularia sp, hepatoprotektor

Abstract

Spons Sinularia sp merupakan salah satu karang lunak yang memiliki kandungan senyawa terpenoid, alkaloid, dan flavonoid. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan dalam menghambat atau mencegah oksidasi suatu bahan alam. Sinularia sp mampu menangkal radikal bebas dan diharapkan berpotensi sebagai hepatoprotektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek hepatoprotektor ekstrak etanol spons Sinularia sp berdasarkan kadar enzim SGOT (Serum Glutamic Oxal-acetic Transminase), SGPT (Serum Glutamic Pyruvic Transminase), dan ALP (Alkalin Fosfatase) pada mencit yang diinduksi karbon tetraklorida (CCl4). Kelompok perlakuan dibagi menjadi enam kelompok yaitu kontrol normal (tidak diberikan perlakuan), kontrol positif (pemberian obat curcuma dosis 2,5 mg), kontrol negatif (pemberian NaCMC 0,5%), dan kelompok sediaan uji ekstrak etanol Sinularia sp dengan dosis 50 mg/kgBB, 100 mg/kgBB, dan 200 mg/kgBB yang diberikan secara oral selama tujuh hari berturut-turut. Pada hari ke delapan semua kelompok diberikan induksi CCl4 1 mL/kgBB kecuali kelompok normal. Kemudian dilakukan pengambilan darah secara intrakardial yang kemudian disentrifugasi. Selanjutnya diukur kadar SGOT, SGPT, dan ALP dari plasma darah. Analisis data menggunakan one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol spons Sinularia sp pada dosis 50 mg/kgBB dan dosis 100 mg/kgBB tidak berbeda signifikan dengan kelompok positif yang mengunakan obat curcuma. Kesimpulan pada penelitian ini esktrak etanol spons Sinularia sp memiliki aktivitas sebagai hepatoprotektor ditandai dengan perbaikan nilai SGOT, SGPT dan ALP.

Published

2024-04-30

How to Cite

Fitrawan, L. O. M., Fristiohady, A., Malik, F., Wahyuni, W., Idrus, L. S., Saranani, M. A. A. F., Sadarun, B., Kardin, L., & Sahidin. (2024). Aktivitas Hepatoprotektor Ekstrak Etanol Spons Sinularia sp. Pada Mencit (Mus musculus) Yang Diinduksi Karbon Tetraklorida (CCl4). Lansau: Jurnal Ilmu Kefarmasian, 2(1), 80–87. https://doi.org/10.33772/lansau.v2i1.27